3 Cara Mengobati Campak Pada Orang Dewasa Secara Alami

Cara Mengobati Campak Pada Orang Dewasa Secara Alami

Mungkin Anda mengira bahwa penyakit campak hanya bisa terjadi pada anak – anak. Faktanya jika berkonsultasi ke Pafikeerom, Anda akan menemukan informasi bahwa campak juga bisa terjadi pada orang dewasa.

Campak dikenal sebagai penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Gejala campak muncul ditandai dengan demam, kepala terasa pusing, dan munculnya ruam di sekujur tubuh.

Seringkali orang yang terkena campak akan merasakan lemas pada tubuhnya. Selain itu saat Anda terkena campak, akan muncul beberapa penyakit lain seperti flu dan batuk hingga pilek.

Campak apakah menular? Ya, penyakit campak sangat menular dan mudah menginfeksi pada area – area yang rentan. Penularan penyakit ini dapat terjadi dalam hitungan jam saja setelah terjadi kontak langsung maupun udara ketika orang yang terinfeksi virus batuk atau bersin.

Campak dewasa terjadi ketika seseorang belum pernah mendapatkan vaksin campak. Selain itu penyakit ini juga berpotensi menyerang orang – orang yang sebelumnya belum pernah terkena campak.

Perlu diketahui bahwa fase awal saat Anda terkena campak ialah demam tinggi yang terjadi cukup lama yakin 4 – 7 hari. Setelah itu diikuti dengan gejala batuk dan pilek. Saat demam mulai reda, muncul ruam berwarna merah di pipi yang kemudian menyebar di seluruh tubuh.

Penanganan Penyakit Campak Pada Orang Dewasa

Umumnya Anda akan dianjurkan untuk melakukan vaksin setelah terindikasi terkena virus campak. Hal ini dilakukan sebagai pengobatan campak pertama sebelum virus berkembang dan semakin parah.

Biasanya para ahli farmasi Pafikeerom akan memberikan rekomendasi obat – obatan untuk meringankan gejala yang muncul. Khususnya Vitamin A untuk menghambat perkembangan virus campak pada tubuh.

Namun sebelum berkonsultasi dengan ahli atau dokter, Anda bisa mencoba melakukan penyembuhan penyakit campak secara alami. Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk meringankan campak.

Mengobati Campak Secara Alami Menurut Pafikeerom

Cara Mengobati Campak Pada Orang Dewasa Secara Alami
Cara Mengobati Campak Pada Orang Dewasa Secara Alami

1. Makanan Berkandungan Vitamin A

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Vitamin A memiliki peranan yang sangat penting terhadap pencegahan penyakit campak. Sebab penyakit campak dapat semakin parah jika tubuh Anda kekurangan Vitamin A.

Oleh sebab itu saat mulai merasakan gejala campak, sebaiknya Anda perbanyak konsumsi makanan yang memiliki kandungan Vitamin A seperti wortel, tomat, bayam, dan lain sebagainya.

2. Minum Air Rebusan Kunyit dan Asam Jawa

Kunyit dan asam jawa dapat menjadi obat alami untuk mengatasi campak. Kunyit dapat meminimalisir peradangan dan gatal – gatal pada kulit ketika ruam. Sementara itu asam jawa dapat menjadi antioksidan.

Cara mengobati campak pada orang dewasa dengan kunyit dan asam jawa adalah dengan merebus kunyit. Nantinya air rebusan tersebut ditambahkan dengan asam jawa lalu diminum.

3. Air Lemon

Mengobati campak secara alami juga bisa dilakukan dengan meminum air yang dicampur dengan perasan lemon. Namun dengan catatan perut telah terisi sebelum mengkonsumsinya.

Selain dapat membuat pencernaan tetap sehat, mengkonsumsi air lemon dapat meminimalisir risiko infeksi. Termasuk infeksi virus yang menyebabkan penyakit campak.

4. Kelapa

Kelapa memiliki kandungan yang bisa mengurangi infeksi campak. Secara alami kelapa dapat menjadi antioksidan yang dapat membersihkan tubuh. Ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi gejala campak yang muncul pada tubuh.

Jika mulai merasakan gejala campak, Anda bisa mulai mengkonsumsi air kelapa untuk meminimalisir risiko penyebaran infeksi.

Itulah beberapa cara mengobati campak pada orang dewasa secara alami. Anda juga bisa berkonsultasi dengan para ahli di Pafikeerom untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih tentang penanganan penyakit campak baik secara medis.